Sejarah Kertas

Kita semua memakai kertas dalam kehidupan kita sehari-hari. Tapi, banyak dari kita yang belum tahu bahwa ada cerita dan sejarah yang menarik tentang kertas. Kertas pertama kali diciptakan oleh bangsa Cina. Tsai Lun adalah orang yang menemukan kertas yang dibuat dari bahan bambu yang mudah didapatkan di Cina pada tahun 101 Masehi. Penemuan ini kemudian menyebar ke Jepang dan Korea seiring dengan menyebarnya bangsa Cina ke timur dan berkembangnya peradaban di kawasan itu, walaupun sebenarnya cara pembuatan kertas pada awalnya merupakan hal yang sangat dirahasiakan.

Teknik pembuatan kertas jatuh ke tangan orang-orang Arab pada masa Abbasiyah setelah kalahnya pasukan Dinasti Tang dalam Pertempuran Sungai Talas pada tahun 751 Masehi. Para tawanan perang mengajarkan cara pembuatan kertas kepada orang-orang arab, sehingga kemudian muncullah industri-industri kertas disana.

Teknik pembuatan kertas kemudian juga menyebar ke Italia dan India lalu Eropa khususnya setelah Perang Salib dan jatuhnya Grenada dari bangsa Moor ke tangan Spanyol dan ke seluruh dunia.

Berikut ini ada beberapa fakta yang menarik tentang kertas:
– Origami, yang merupakan seni melipat kertas, mulai digemari pada abad ke 17, dan kemudian menjadi populer di seluruh dunia pada tahun 1900 an.
– Tidak semua kertas dibuat dengan bahan kayu. Ada beberapa jenis kertas yang dibuat dari potongan-potongan kain sisa, dan serat kapas. Kertas dari serat kapas biasanya digunakan untuk membuat uang kertas karena lebih awet dibandingkan kertas biasa.
– Lembar kertas handmade (buatan tangan) terbesar yang pernah dibuat, berhasil dibuat oleh Masaki Takahashi dan Kazuki Maeda di Toyama, Jepang pada tahun 2009. Fakta ini berdasarkan catatan di dalam Guinness world records.
– 42 persen dari pohon yang ditebang di seluruh dunia diolah menjadi kertas. Jadi, bayangkan berapa banyak pohon yang bisa kita selamatkan kalau kita bisa menghemat pemakaian kertas.
– Setiap tahun, produksi kertas di seluruh dunia mencapai 300 juta ton.
– Sebagian besar tisu toilet dibuat dari kertas yang di daur ulang.