Sejarah Es Krim

Sebelum adanya sistem pendingin yang modern, es krim adalah makanan yang mewah dan hanya dihidangkan pada acara-acara yang spesial. Dahulu, membuat es krim adalah hal yang sangat merepotkan. Untuk membuat es krim, Es didapatkan dari danau atau kolam yang membeku saat musim dingin, kemudian dipotong dan disimpan dalam tumpukan jerami, lubang di dalam tanah, atau tempat penyimpanan es yang terbuat dari kayu dan diberi jerami. Es disimpan untuk kemudian dipakai saat musim panas.

Saat musim panas. es krim kemudian dibuat secara tradisional dengan mengolah adonan didalam mangkuk besar yang ditaruh dalam sebuah tube yang diisi dengan campuran es yang telah dihancurkan dan garam, yang membuat adonan es krim itu membeku.

Sekarang, es krim sudah diolah dengan teknologi yang modern, dan ada berbagai rasa yang sangat lezat. Ada rasa coklat, stroberi, vanila, dan masih banyak lagi. Selain rasanya yang enak, ternyata es krim juga banyak manfaatnya. Es krim terbuat dari susu. Jadi, semua manfaat susu terkandung di dalamnya. Tapi, ada juga es krim yang tidak terbuat dari susu, melainkan dari santan kelapa. Ini yang sering kita sebut es dung dung, atau es puter.

Walaupun makan es krim banyak manfaatnya, tentunya kita tidak boleh makan es krim secara berlebihan. Selain itu, kita harus berhati-hati dan hanya makan es krim yang terjamin kebersihannya.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang es krim:
– Cone yang digunakan untuk es krim dipatenkan pada tahun 1903 oleh orang Itali di New York City. Tapi kemudian penggunaan cone menjadi populer setelah seorang pembuat waffle di St. Louis World’s Fair membuatkan waffle nya dengan cara digulung, untuk membantu stan es krim yang saat itu kehabisan tempat es krim.
– Sirup coklat adalah toping es krim yang paling populer di dunia.
– Dulu es krim dikenal dengan sebutan krim es (cream ice).
Ice cream cone terbesar yang pernah dibuat setinggi 2,81 meter, dibuat oleh Mirco Della Vecchia dan Andrea Andrighetti dari Itali.

Source : https://www.ecreamery.com/amazingly-sharable-ice-cream-facts.html