Princess Juliana Airport – Salah Satu Bandara Paling Ekstrim di Dunia

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, biasanya landasan pacu letaknya relatif jauh dari pemukiman penduduk. Tapi, Princess Juliana airport yang ada di Saint Martin, kepulauan Karibia, tidak menerapkan hal ini. Bandara yang satu ini sangat dekat dengan pantai yang bernama Maho Beach. Dan di pantai tersebut, sering ada banyak orang yang sedang bersantai sambil berjemur. Dari foto-foto yang banyak beredar di internet, bisa kita lihat bahwa pesawat-pesawat yang lalu lalang, baik sedang tinggal landas ataupun akan mendarat, terbang sangat rendah tepat di atas orang-orang yang sedang berada di pantai. Dan uniknya, bukannya takut, banyak dari orang-orang tersebut yang justru berfoto saat ada pesawat lewat.

Saat melihat foto-foto pesawat yang terbang rendah tepat di atas orang-orang yang bersantai di pantai, banyak orang yang tidak percaya dan menganggap bahwa foto-foto tersebut merupakan hasil manipulasi dengan menggunakan Photoshop ataupun software yang sejenis. Padahal, foto-foto tersebut 100% asli. Bahkan, ada beberapa situs yang menayangkan video yang diambil dari kokpit pesawat-pesawat yang akan mendarat ataupun tinggal landas di bandara tersebut. Dan memang, cukup mengerikan. Menurut para ahli, letak bandara tersebut memang sangat dekat dengan pantai, dan landasan pacu nya pun sangat pendek, sehingga memaksa pesawat-pesawat untuk terbang rendah di atas pantai. Karena itu lah, bandara yang satu ini masuk dalam daftar bandara paling ekstrim di dunia.

Mungkin karena kondisi yang memang memaksa untuk airport tetap beroperasi dengan kondisi seperti itu, di dekat pantai terpasang papan peringatan yang isinya “hembusan jet dari pesawat yang akan tinggal landas ataupun hendak lepas landas dapat mengakibatkan luka-luka fisik serius dan bahkan kematian.” Tapi dari foto-foto yang beredar, tampaknya para turis di pantai tidak peduli.