Manfaat Minum Susu

Kita semua sering melihat iklan di televisi yang menjelaskan manfaat susu. Tapi, apakah memang benar susu bermanfaat untuk kesehatan kita? Berikut adalah beberapa manfaat susu sapi beserta penjelasannya:

1. Susu baik untuk tulang kita
Susu sapi mengandung banyak kalsium, yang merupakan mineral yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Susu juga mengandung vitamin D yang juga baik untuk kesehatan tulang. Tapi, kita harus ingat bahwa kalsium dan vitamin D saja tidak cukup untuk kesehatan tulang kita. Selain asupan nutrisi yang baik, kita juga harus rajin berolah raga, dan makan makanan sehat.

2. Susu baik untuk kesehatan jantung
Susu sapi mengandung potasium, yang membantu untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang tubuhnya mendapatkan asupan potasium yang cukup (4069 mg per hari) mempunyai resiko terkena penyakit jantung iskemik 49% lebih rendah dibandingkan orang-orang yang tidak mendapatkan asupan potasium yang cukup (kurang dari 1000 mg per hari). Tapi tentunya, susu sapi bukanlah satu-satunya sumber potasium. Buah pisang, bayam, tomat, jeruk, dan beberapa makanan lainnya juga mengandung zat yang sangat bermanfaat ini.

Satu hal yang perlu diingat adalah fakta bahwa susu sapi juga mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol, 2 hal yang seringkali dikaitkan dengan masalah jantung. Jadi, konsumsi susu harus diatur dengan baik dan dikombinasikan dengan buah dan sayur.

3. Membantu mengurangi stress
Berkat mineral dan vitamin yang dikandung oleh susu, susu dapat membantu mengurangi stress. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa susu mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf.

4. Membantu mengontrol tekanan darah
Ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa mengkonsumsi susu sapi 3 kali sehari, digabungkan dengan konsumsi buah-buahan serta sayur yang cukup, dapat mengurangi tekanan darah baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa.

5. Mencegah terjadinya obesitas
Banyak orang yang beranggapan bahwa susu dan produk-produk yang terbuat dari susu menyebabkan kegemukan. Tapi, beberapa penelitian justru menemukan fakta yang sebaliknya. Menurut beberapa penelitian, orang-orang yang secara teratur mengkonsumsi susu sapi dan produk-produk yang terbuat dari susu, justru tidak segemuk orang-orang yang menghindarinya. Lemak pada tubuh yang berkurang berkat konsumsi susu ini terjadi khususnya pada bagian perut.

Sumber : http://www.medicalnewstoday.com/articles/273451.php, http://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-benefits-milk-that-you-never-knew-even-when-you-drink-every-day.html, http://www.milk.co.uk/page.aspx?intPageID=73.