Kue-kue Lisy

Aku punya teman sekelas namanya Lisy. Dia anak yang manis dan ceria. Setiap hari, Lisy membawa kue-kue buatannya dan membagikannya ke tiap anak di kelas. Kalau kuenya enak sih, nggak masalah. Tapi, kue Lisy itu tidak enak sama sekali. Rasanya pahit, gosong, dan kadang asin. Karena takut Lisy marah, kami sekelas tak pernah protes padanya dan pasrah saja tiap hari memakan kue Lisy yang bikin mual.


Suatu hari, kelas kami kedatangan murid baru. Ryn namanya. Dia cantik sekali! Dia juga ramah. Kami semua menyukainya. Kami langsung panik saat Lisy mengeluarkan kotak bekalnya. Isinya? Tentu kue-kue Lisy! Oh tidak, bagaimana jika Ryn mencicipinya dan memuntahkan kue itu? Tentu Lisy akan marah.


“Ryn, mau coba kue buatanku? Gratis, lho!” kata Lisy senang. Ryn mengangguk tanpa melihat isyaratku agar jangan memakan kue itu. Dia mengambil sepotong kue berbentuk hati warna coklat muda dan memasukkan kue itu ke mulutnya. Kami semua kecuali Lisy menahan nafas saat Ryn mengunyah kue itu. Sejenak, wajahnya tampak menahan rasa tak enak.


“Enak, kan?” tanya Lisy bangga. Ryn tak menjawab, dia mengambil sesuatu dari dalam tasnya. Kotak bekal! Dengan ramah Ryn memberikan kami masing-masing sepotong kue berbentuk bulat warna krem. Kami memakannya. Wah … LEZAT SEKALI! Coba kue Lisy seperti ini. Nyam…nyam ….


“Wah, enak banget!”
puji kami senang. Ryn tersenyum lalu memandang Lisy.
“Kamu pernah makan kue buatanmu sendiri?”
tanya nya pada Lisy.
“Tidak. Aku sudah yakin akan rasanya, lagipula aku takut ada yang tak kebagian jika kue
ini kumakan” jawab Lisy.
“Cobalah kuemu!” pinta Ryn. Lisy menurut dan memakan kuenya. Baru dua kali mengunyah, dia langsung memuntahkan kue itu.


“Hoeks! Kenapa kueku asin sekali?” seru Lisy kesal. Ryn tersenyum membuat Lisy malu.
“Maaf semuanya. Aku membuat kalian tersiksa. Mulai sekarang aku akan belajar bikin kue pada Ryn” ucap Lisy. Kami senang sekali. Terima kasih Ryn. Tak akan ada lagi kue pahit, asin, dan gosong di kelas.  Yang ada adalah kue Ryn yang ENAK!


yanti olivepad [yanti.olivepad @gmail.com]