Cerita Dongeng ikan Mas Dan Pemuda

“sudah lumayan lama kita hidup Bersama putri”. Putri hanya mendengarkan apa yang dikatakan pemuda itu. Pemuda itu merasa bahwa perasaannya sudah cukup untuk melamar putri menjadi seorang istri. Dan sang putri pun hanya mengajukan satu permintaan untuk sang pemuda itu. “aku menerima lamaran kamu dengan satu permintaan. Jangan pernah beritahu siapapun dan kamu pun tidak boleh membahas apapun tentang latar belakangku yang seorang ikan mas. Jika kamu setuju, kita akan segera menikah”

Pemuda itu dan sang putri pun menikah dan memiliki 1 anak yang dinamai Mika. Mika lahir dengan pribadi yang sangat nakal dan tidak berbakti kepada orang tua. Terkadang sang pemuda kesal dengan sikap anaknya yang begitu nakal. Sampai akhirnya Pemuda itu memarahi mika. “kamu ini jadi anak bandel sekali, dasar anak ikan” karena saking kesalnya, pemuda itu mengungkit latar belakang sang putri yang sebenarnya sejak awal sudah ada perjanjian diantara mereka untuk tidak membahas tentang latar belakang sang putri.

Karena sebuah perjanjian telah dilanggar, sang pemuda harus menerima resiko dari pelanggaran itu. Meski sedih, sang putri harus menerima kenyataan bahwa ia harus berpisah dengan suaminya yaitu pemuda itu karena kesalahan suaminya. Akhirnya sang putri meninggalkan pemuda itu membawa anaknya dan berpisah untuk selamanya. Meskipun pemuda itu menyesal, namun semua itu tidak bisa terulang. Kesalahan adalah sebuah kesalahan. Demikianlah cerita dongeng ikan mas yang bis akita pahami bahwa sebuah perjanjian bukanlah untuk di langar, namun untuk ditepati. Semoga kita bisa memetik hikmah dari cerita itu ya.

Tag: