Pensil Ajaib

Suatu hari ada anak yang bernama reno.ia hidup miskin ia yatim piatu , ia ingin bercita cita menjadi seorang pelukis terkenal.

Walaupun jika melukis reno hanya menggunakan alat alat sederhana, yaitu batu dan kayu.

Suatu hari ia berkhayal jika ia menjadi pelukis terkenal ia akan memberikan barang barang yang berguna bagi orang orang tidak mampu.

Kemudian muncullah seorang kakek kakek yang berkata “ambillah barang ini , tapi hanya untuk kepentingan orang orang miskin saja”.belum sempat reno menjawab kakek itu menghilang dan hanya meninggalkan barang itu, barang itu berupa sebuah alat lukis dan sebuah kertas.

Keesokan harinya reno mulai menggunakan alat tersebut .ajaibnya saat reno melukis kompor muncullah sebuah kompor asli di hadapannya dan saat itu ia memberikan ke orang orang yang tidak mampu secara bergiliran.

Tentang alat lukis itu sampai terdengar oleh para raja .sampai akhirnya raja memerintahkan reno untuk datang ke istana . reno bertanya ” ada apa tuan raja memanggil hamba kemari?”. Raja menjawab “tolong buatkanku sebuah pohon yang berdaun emas “. Reno menjawab ” tidak “. Lalu raja memeritahkan untuk memenjarakan reno .

Setelah itu, saat di penjara reno terdiam saja . setelah itu ia mempunyai cara untuk membebaskan ia dari penjara, yaitu membuat kunci penjara . akhirnya ia bebas dan ia pulang dari rumah dengan selamat.

Karya anak orisinil karya izzi tusi robi arroqi (izziarroqi @gmail. com)

Anak yang Pemalu

Suatu hari ada anak namanya tomi

Ia sangat pemalu karena ia pernah diejek orang kerena suaranya yang gagap ia gagap mulai umur 6 tahun.

Setelah selesai dari tk  ibu tomi menyekolahkannya di sd. Dia anak baru di kelas 1. Ia duduk di bangku paling belakang ia sebangku dengan temannya yang namanya rendi ia sama sekali tidak bicara padanya.

Ketika pelajaran pertama bu guru mencontohkan untuk memperkenalkan diri.

Setelah selesai mencontohkannya bu guru menunjuk murid yang paling depan untuk memperkenal kan dirinya.

Setelah giliran tomi ia mulai maju ke depan dan memperkenalkan diri dengan rasa malu dan suara yang gagap, “hai, n..nama saya Tomi umur Sa..ya 7 tahun , ru..mah saya di jja…lan melati”. Teman teman yang mendengarnya  tertawa terbahak bahak sampai jam 10 akhirnya semua murid kelas 1 pulang.

Saat pulang Teman tomi merasa kasihan tentang kejadian yang tadi karena tino pasti sangat malu.

Keesokan harinya rendi bicara pada tomi ” apakah kamu malu? , pasti kamu merasa akan tidak mempunyai teman”. Lalu tomi pun menjawab” ya, aku me..rasa akan tidak mmmem…punyai teman”. Kata rendi “apakah kau mau menjadi temanku?” .tomi menjawab”iya,tapi apakah kau se…nang mempu..nyai teman se..pertiku”.rendi berkata” apapun kekuranganmu pasti ada kelebihannya jadi kamu tetap teman baikku”. Percakapan mereka didengar oleh teman teman tomi.dan teman teman tomipun merasa kasihan karena telah menertawai tomi. Lalu teman teman tomi datang dan berkata “tino kita nggak bakal mengejek ataupun tidak berteman dengan kamu kita kan bersahabat”.

Sejak saat itu tino dan teman temannya bersahabat selama lamanya. Sekarang tomi tidak pemalu lagi dan di setiap kekurangan pasti ada kelebihan. dongeng anak sebelum tidur

Cerita Anak Orisinil karya izzi tusi robi arroqi (izziarroqi @gmail. com)

Temanku yang Rakus

Pada suatu hari ada seekor kelinci bernama Tasya dan dia mempunyai teman yang baik dan ramah bernama Mini. Pada suatu hari Tasya pergi ke rumah Mini si kura – kura lalu Tasya sudah sampai ke rumah Mini lalu ada ibunya Mini ibunya berkata ” Maaf ya Mini sudah pergi ke sekolah ” lalu Tasya berkata ” tapi bukanya sekolah libur ? ” lalu ibunya Mini heran mana yang benar?

Lalu Tasya kembali ke perjalanan lalu Tasya bertemu dengan seekor kucing bernama Kimi lalu Tasya berkata ” kamu mau ke mana ?” Ia berkata sampai malu lalu Kimi menjawab ” ke sekolah? Emangnya mau apa ?” Lalu Tasya mengambil bekal Kimi Lalu kimi marah lalu setelah itu Tasya mengambil bekal semua hewan lalu pak guru bertemu dengan Tasya lalu Tasya bertanya dengan pak guru ” apakah Mini sudah dirumah ” lalu pak guru menjawab ” sudah ” lalu dengan menanya lagi pak guru ” kenapa tadi tidak sekolah ?!!!!! ” lalu karena pak guru itu seekor singa lalu pak guru mengaum lalu memberi kertas kesalan lalu pak guru pergi lalu setelah itu Tasya pulang memakai kertas kesialan 

Lalu Tasya mememui seekor harimau dan berkata ” aku lapar bolehkah ku memakan emgkau ?!!!! ” lalu Tasya menjawab ” tidak ” harimau mendekat Lalu Tasya lari sambil bilang ” tidak . Tidak . Tidak ” diseluruh perjalanan dan harimau mengejarnya lalu karena tertengkap lalu harimau memakanya hingga menjadilah harimau setengah kelinci 

Itulah makanya jangan menjadi anak yang rakus ya itulah akibatnya ya ( pasan penting ) 

dikirim oleh Fani Miharja (fani.miharja @icloud. com)

Teman-temanku

Perkenalkan namaku tara. Aku adalah anak kecil yang berumur 7 tahun. Sekarang aku lagi daftar untuk masuk ke sekolah. Aku deg degan sekali aku takut nanti kalau aku gak punya teman.

Aku berkata sama ibu “bu… Aku gak usah sekolah ya…. Aku kan malu… Kalu nanti aku gak punya teman gimana ibu mau nemenin aku … Aku takut nanti gurunya galak… Ibu mau nemenin aku belajar di kelas hayo…. Aku gak mau sekolah ya bu….”.

Lalu ibu menjawab, “Sayang ibu yakin kok pasti kamu dapat teman dan ibu kenal kok siapa yang jadi gurumu”.

Lalu aku menjawab “ah… Yang bener nih.. Ibu gak boong”.

Lalu ibu menjawab “iya anakku sayang”.

Lalu akau berkata “ah… Ibu aku kan malu aku juga takut” tegasku.

Lalu ibu menjawab “anak ibu inikan pemberani mana mungkin malu nanti pulang sekolah ibu janji deh ibu akan traktir kamu es krim mau”

Lalu aku menjawab “mau!!” ibuku emang paling bisa ngebujuk aku. 

Lalu aku masuk ke kelas di kelasku aku disuruh kenalan minimal 3 orang

Aku malu aku takut aku nangis di kelas karena aku takut dan aku malu ibu guru berjalan ke arah aku “ada apa sayang ???” lalu aku menjawab sambil terbata bata “a… A..ku malu bu.. Aku takut..” kataku lalu dengan sabarnya ibu guru berkata kepadaku ” sayang jangan malu disini teman temanya baik baik”katanya

Lalu aku memberanikan berkenalan lalu aku berjalan ke arah seorang anak ” hai… Siapa namamu..?” lalu di menjawab “namaku kasih… Umurku 7 tahun kamu ..?” lalu aku menjawab “aku pun ya sudah aku mau berkenalan lagi ya… Bay ” lalu kasih berkata “eh eh tunggu ayi kita berkenalan bersama ” lalu aku menjawab ” iya…” lalu kita berkenalan dengan anak yang bernama keiya dan lolita kami bermain bersama rekreasi bersama pokonya serba bersama deh inilah cerita dariku.

Cerpen anak orisinil karya Ainun Najibah Arroqi (vinav590 @gmail .com).

Sarah dan Ibunya Pembuat Roti

Pada suatu hari hiduplah seorang anak. Anak itu hidup bersama ibunya , ibunya sangat sayang kepada anaknya itu.

Pada suatu hari ibunya meminta restu dan doa kepada anaknya “nak ibu ingin membuka usaha baru demi hidup kita kau kan mulai besar pasti kau butuh sekolah di kota jadi ibu ingin membuka usaha agar nanti kau menjadi anak yang sukses”kata ibunya.

Lalu sarah menjawab”baiklah bu aku akan doakan ibu supaya usaha ibu ini tidak sia sia” kata sarah. 

Lalu ibu berkata “nak kita akan pindah ke kota kalau disini mana mungkin dagangan kita akan laku” kata ibu. 

Lalu sarah menjawab “di mana kita tinggal bu…?” keluh sarah.

Lalu ibunya menjawab “tenang ibu sudah menyewa toko dan rumahnya” kata ibu.

Lalu sarah berkata “oke… Kapan kiata akan pergi….?” tanya sarah.

Lalu ibu menjawab “besok”kata ibu.

Lalu sarah berkata “baiklah aku akan siap siap ya bu….”.

Ibu menjawab “ya sana”.

Sehabis sarah siap siap sarah pamit kepada temanya , sarah berkata “teman teman besok aku akan pergi…” keluh sarah.

Lala pun bertanya “kenapa engkau pergi kami salah apa …?” keluh lala.

Sarah pun menjawab “oh…. Tidak kalian tidak salah kepadaku aku pergi untuk mengadu nasib , kalian tidak salah kok” tegas sarah.

Lalu teman temanya pun berpelukkan mereka membuat kenang kenangan untu sarah berupa gelang supaya kalu sarah kesepian sarah akan teringat teman temannya itu…

Ke esokan harinya sarah dan ibunya pergi ke kota lalu sarah bertanya “bu…. Apakah ibu yakin bahwa kita akan berubah nasibnya ?” keluh sarah .

Lalu ibunya menjawab “iya sayang pasti nasib kita akan berubah kalau tuhan meridhoi dan anak kesayang ibu ini merestui pula” kata ibu.

Sarah pun tersenyum lalu ternyata tibalah sarah dan ibunya di kota . lalu sarah berkata “wah indah sekali ternyata kota itu dimana kah kita tinggal?” tanya sarah lalu ibunya menjawab”di alamat ini”kata ibunya sambil mengatungkan sebuah alamat.

Lalu tibalah ia ke rumahnya lalu sarah berkata “ini rumah kita ya bu wah indah sekali….”dengan kagumnya ia

Lalu ibunya berkata “ayo kita mulai usaha kita!” kata ibu.

 Lalu sarah berkata “memangnya kita mulai usaha apa bu ?” tanya sarah.

Lalu ibunya menjawab “kue !”.

Lalu sarah dan ibunya mulai membuat kue  kuenya laku semua ludes terjual mereka senang  bahkan sampai ke kota tetangga. cerita dongeng sebelum tidur

Cerpen anak orisinil karya Ainun Najibah Arroqi (vinav590 @gmail .com).

Mima dan Kucingnya

Mima adalah anak yang kaya raya tapi sayang, ibu bapaknya hanya memikirkan pekerjaannya. Pada suatu hari mima pergi ke rumahku.

“lita lita!!” kata mima. Aku langsung pergi ke luar ternyata ada mima

“ada apa mima….?”kataku ia langsung memelukku sambil menangis ia berkata

“lita…. Aku sangat kesepian aku sedih sekali  kenapa sih ayah dan ibuku tidak mau ngertiin perasaanku apa dia gak tau ya.. Aku tuh kesepian….. Apalagi hari ini ayahku pergi ke singapura ,ibuku pergi ke malaysia”

aku lalu menjawab “mima… Ayah dan ibu kamu itu cari uang untuk kamu… Lagian dirumah kan ada bok rumi…” jelasku

lalu mima menjawab “gak seru lita!”tegasnya . lalu ia pergi kerumahnya mungkin ia marah menjawab perkataanku .

Pada pagi harinya ia tidak main bersamaku mungkin ia marah .lalu siang harinya aku pergi ke rumahnya “mima mima….” lalu keluarlah mima lalu aku berkata “mima kamu marahya?”.

lalu mima menjawab “enggak kok aku gak marah mungkin benar katamu itu semuakan demi aku”

lalu aku menjawab “syukurlah kamu mengerti … Ayo kita main ke taman ”

lalu mima menjawab”oke!!!” lalu pada waktu kita pergi keluar gerbang tiba tiba ada tukang pos datang ” ini dengan atas nama mima, mimanya kemana…?” lalu aku memanggil mima mima keluar lalu mima berkata “iya ada apa ” 

lalu tukang pos menjawab ” ini dari ibu karen” lalu mima mengambil posnya ternyata dari ibunya lalu mima membuka kotaknya ternyata isinya adalah kandang kucing yang si dalamnya terdapat kucing yang manis  “wah kucing aku punya teman ye……. Aku namain kamu kasih….” sambil bersorak sorai aku senang melihatnya akhirnya temanku punya teman juga… 

Cerpen anak orisinil karya Ainun Najibah Arroqi (vinav590 @gmail .com).

Klepto

Ada seorang temanku yang suka mengambil uang dan barang orang lain. Bahkan uang guru pun dia ambil. Padahal dia punya uang dan barang sendiri. Kata ibuku itu sakit klepto .

Aku dan guruku menyelidikinya . Bu guru mintaku membantunya mengawasi kelas saat istirahat. Hmm … Bu guru meletakkan uangnya di meja lalu meninggalkan ruangan kelas. Uangnya diambil oleh seorang temanku. Akhirnya ketahuan deh. Betul-betul sudah ketahuan siapa yang klepto. Tapi bu guru tidak mau menuduh langsung.

Kata bu guru, siapa yang suka mencuri uang atau barang orang lain nanti akan dipanggil orang tuanya atau polisi untuk diperiksa.

Akhirnya bu guru meminta kami semua untuk jujur menuliskan barang/uang siapa yg pernah diambil. Allah suka orang yang jujur. Aku tak pernah mengambil uang/barang orang lain. Setelah itu orang tua diundang ke sekolah untuk menerima tulisan kejujuran anak-anaknya.

Teman-teman jangan suka mencuri ya. Mencuri itu merugikan orang lain. Gak mau kan dijuluki klepto???

—————————————————

Nama : Raushan Parsha Zakira
Kelas : 2 SD/MIPINK
Email : lailkamala.lk @gmail .com

Pengalaman Pertama Toro Melihat Berbagai Peristiwa Mengerikan

Di hari itu, Toro dan kawan – kawannya mendengar kabar dari guru kepramukaan bahwa minggu depan, di pelajaran kepramukaan akan diadakan perkemahan. Tempat perkemahan yang dipilih adalah taman Poncol di Cibodas. Mereka akan berangkat hari Rabu, 21 Juni 2011.

Tak terasa sudah seminggu berlalu, mereka pun berangkat. Mereka membawa bekal masing – masing. Mereka menggunakan mobil angkutan dari sekolah. Setelah lama menunggu, akhirnya mereka sampai di tempat tujuan. Sepanjang hari, mereka belajar kegiatan kepramukaan hingga hari mulai gelap. Setelah pukul 21.00, mereka tertidur.

“Selamat malam, Anggi.” Kata Toro, “Selamat malam, Tor, tidur yang nyenyak ya..” kata Anggi. Setelah itu, mereka pun tertidur. Setelah tertidur selama tiga jam, toro memanggil – manggil anggi. “Anggi, Anggi ! cepat bangun ! lihat ini !” dengan berjalan sambil terombang – ambing dalam mimpi, anggi pun terbangun. “Ada apa, Tor?” kata Anggi yang masih setengah terlarut – larut dalam mimpinya.

“Itu, lihatlah itu !” Toro dan Anggi sangat terkejut melihat cahaya di balik tenda koko, salah satu teman mereka. Mereka terdiam sejenak dan mereka pun memberanikan diri mendekati cahaya itu sambil membaca ayat – ayat suci yang terlintas di kepala mereka. Setelah mereka mendekati cahaya itu, cahaya itu menghilang. Lalu mereka melihat cahaya itu lagi di balik tenda orang lain.

Cahaya itu seolah –  olah memancing mereka untuk mendapatkannya. Tetapi mereka tidak mengikuti cahaya tersebut karena mereka takut terjadi sesuatu jika mereka mengikutinya.
                                                   
“Bagaimana, Tor,  kita ikuti saja atau bagaimana..?” kata Anggi berbisik kepada Toro. “Kita ikti saja dulu Gi, tetapi, jangan lupa kita harus berdoa. Agar kita selamat.” Kata Toro.
                                       
Mereka pun memberanikan diri untuk mengikuti cahaya itu. Bulu kuduk mereka merinding, mereka berkeringat dingin. Tak lama kemudian, cahaya itu telah menghilang. Mereka terheran – heran karena cahayanya hilang entah kemana. Tak lama kemudian, tercium wangi bunga melati yang berasal dari pohon dekat tenda mereka.

Oh Indonesiaku

‘Inilah negeriku.. Oh Indonesiaku~’ senandung ku pada lagu kak Embun Tabina yang berjudul Oh Indonesiaku. “Hei, Sierra!” Panggil Lara padaku. “Oh hei,” aku menjawab sapa nya. “Pulang sekolah hari ini kita jalan ke mall FluffGarden yuk!” Ajak nya padaku. “Boleh tuh sekalian mau cuci mata” candaku. Kami berdua tertawa.

Sepulang sekolah kita bener-bener jadi kesana lho. Disana kami melihat banyak toko branded. Kami memutuskan untuk duduk di kafe Haschak. Di meja kasir terdapat brosur yang menarik perhatianku. “Mbak permisi, ini tuh brosur apa ya?” Tanyaku. “Oh itu, itu brosur ke pulau harapan di Pulau Seribu” Jawab kasir itu. “Oh ya? Bayar berapa?” Tanyaku sambil mengambil brosur itu. “Wah, kalo itu selengkap nya ada di brosur itu..” jawabnya lagi.

“Sierra ini murah banget!” Ucap Lara sambil melotot saat baca brosur nya. “400 ribu, homestay pake AC, Snorkelling, jalan-jalan naik kapal, makan lho!” Jelas nya panjang lebar. “Iya.. Aku juga penasaran nih, kita harus tau keindahan negeri kita sendiri, kamu mau kan??” Ucapku. “Iyalah! Aku pasti mau! Aku bisa jamin ini lebih seru dari keluar negeri!!” Ucap Lara dengan semangat.

Ayah dan ibu kami menyetujui trip kami. Aku dan Lara senang sekali. Sampai disana, aku benar-benar gak nyesel. Kalo kalian penasaran, ayo jelajahi Indonesia kita ini! “Wah, alamnya asri banget!” Ucap Lara histeris. Kami menghabiskan waktu disana untuk bersenang-senang. “Bener banget, ini jauh… Jauh… Jauh… Lebih bagus dari luar negeri!” Ucapku. Kalo mau keluar negeri mending pikir-pikir dulu deh, sudah keliling negeri sendiri belum?

Oleh: Areta Nada Wardhani <aretanada @gmail .com>

Smore’s Friendship Game

Hai, namaku Cassandra! Aku tinggal di London karena pekerjaan ayahku. Kalo sebenernya sih aku orang Indonesia. Kalo mau jujur aku lebih suka di Indonesia, bukan mau ngeledek London ya.. Cuma.. aku lebih suka disana. Pagi ini, aku bangun dan mandi. Setelah aku mandi dan berpakaian aku segera menuju ke dapur untuk mendapat sarapan pancake dengan saus maple dan whipped cream. Setelah itu aku siap pergi ke sekolah dengan menaiki bus sekolah.

Di bus Sekolah, aku duduk di sebelah Maudy yang sedang asyik dengan ponsel nya. Agar semua mudah aku terjemahkan semua percakapan disini ya.. “Cass.. Kau harus lihat ini..” ujar Maudy sambil menunjuk web di ponsel nya. “hm? Smore’s Friendship Game?” Ucapku lalu menyedot coklat panas yang kubawa dari rumah. “Yup, kamu mau jadi partner ku gak?” Tawar nya. Aku mengangkat alis dan bilang “Aku tanya mommy ama daddy dulu, emang ini ngapain sih?” “Ini adalah game pertemanan terbaik di seluruh dunia… Dan kali ini ada di London!!!” Ucap Maudy histeris.

“Boleh gak mom?” Akhirnya, aku bisa memberitahu mommy tentang ini.
“Kalo sama Maudy boleh deh..” ucap mommy padaku. “Terimakasih Mom,” ucapku lalu melangkah kedalam kamar. Di dalam kamar aku mengambil ponsel ku dan mengirim pesan pada Maudy.
-Maudy-
“Hey Maudy!”
“?” Balasnya
“Aku dibolehin Mommy lho”
“Oh yesss!!!!!!!!????”
“??”
     

Esok adalah hari terakhir sekolah sebelum libur musim panas dan 2 hari sebelum Smore’s Friendship Game. Maudy datang kerumahku malam ini untuk menginap sampai hari Friendship Game. Kami menge-pack bersama malam ini. Lalu kami tidur dengan nyenyak.