Tips Parenting

Di jaman yang serba modern ini, barang-barang yang dimiliki oleh setiap keluarga juga serba modern. Jadi, tidak jarang kita melihat anak bayi atau balita yang sudah bermain tablet atau smartphone, karena memang benda-benda tersebut selalu ada di sekitar mereka setiap hari.

Para orang tua juga banyak yang membiarkan anak mereka bermain dengan gadget mereka.

Alasannya sederhana: Biasanya bayi dan balita akan asyik bermain dengan gadget tersebut dan tidak rewel. Menurut beberapa ahli, sebaiknya anak yang umurnya masih di bawah 2 tahun tidak diperbolehkan untuk bermain dengan perangkat elektronik. Ini karena bayi dan balita sebaiknya melakukan banyak aktivitas fisik, dan bukan hanya duduk atau tiduran sambil bermain gadget.

Jika mereka sibuk bermain smartphone atau tablet, waktu mereka akan tersita, padahal waktu itu bisa mereka gunakan untuk merangkak, belajar berjalan, dan menjelajahi lingkungan sekitarnya di rumah.

Dari segi psikologis, anak yang umurnya kurang dari 2 tahun dan sudah terlalu sering bermain smartphone atau tablet punya kecenderungan untuk kurang berani dalam bersosialisasi.

Ini karena mereka biasanya sibuk dengan perangkat elektronik, dan bukan bermain dengan orang tua atau teman mereka.

Screen Time (Waktu Bermain Tablet, Smartphone, Video Game, dsb) Yang Diperbolehkan:

  • Jika anda bertanya kepada para ahli, jawaban mereka untuk anak yang umurnya di bawah dua tahun adalah ZERO screen time, atau tidak boleh sama sekali. Tapi, jika memang anda ingin mengijinkan anak anda untuk bermain dengan tablet atau smartphone, batasi hanya selama 15 atau 20 menit saja. Jangan sampai anda menganggap gadget anda sebagai "senjata andalan" untuk membuat anak anda diam.
  • Untuk anak yang umurnya sudah 2 tahun atau lebih, lamanya screen time yang dianggap aman oleh para ahli adalah sekitar 1 sampai 2 jam saja setiap harinya.
  • Ini berlaku tidak hanya untuk smartphone dan tablet, tapi juga untuk komputer, televisi, dan yang lainnya. Kegiatan dan permainan fisik jauh lebih baik untuk anak-anak, dibandingkan memainkan games atau menonton televisi.