Tips Parenting

Orang tua memiliki peranan yang sangat penting untuk mendidik anak dengan tepat. Salah satu penyebab orang tua memiliki peranan yang vital ketika mendidik anak supaya menjadi anak yang cerdas adalah karena hal tersebut merupakan kewajiban orang tua yang harus dilakukan kepada anak. Bidang pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan semua orang. Selama manusia masih hidup, maka pendidikan adalah hal yang sangat diperlukan. Namun, dalam kenyataan tidak semua orang sadar tentang urgensi dari pendidikan. Mungkin ini yang menyebabkan tingkat buta huruf di Indonesia masih sangat besar khususnya di wilayah yang terpencil. Selain itu, tidak aneh saat mendengar orang tua yang malah melarang anaknya untuk pergi belajar karena banyak alasan. Berikut ini adalah alasan penting pendidikan memang sangat penting untuk kehidupan kita:

 
  • Menciptakan kepribadian yang baik

Meskipun tidak bisa menjamin apabila seseorang mengamalkan pendidikan yang diperoleh, maka seseorang akan mempunyai kepribadian yang lebih baik. Orang yang mempunyai pendidikan akan lebih berpikir positif, optimis, percaya diri, memegang etika, lebih sopan, dan lain sebagainya. Pendidikan diharapkan dapat membuat seseorang menjadi lebih bermoral dan tidak melakukan sesuatu yang merugikan kepada orang lain.

 
  • Meningkatkan martabat dan harkat seseorang

Alasan ini mungkin adalah yang paling sering didengar karena masyarakat saat ini memberikan penilaian kepada seseorang berdasarkan standar dan ukuran tertentu. Salah satu caranya adalah melalui bidang pendidikan. Orang yang mempunyai pendidikan tinggi dianggap mempunyai kedudukan dan karisma yang lebih tinggi dan ini berlaku sebaliknya. Sikap seseorang terhadap orang yang tidak mempunyai pendidikan berbeda dengan mereka yang memperoleh pendidikan. Seseorang lebih menghormati dan menghargai kepada orang yang berpendidikan.  

 
  • Bebas dari kebodohan

Ini adalah tujuan utama dari pendidikan yang mungkin sudah pernah Anda dengar yakni untuk menciptakan manusia yang cerdas. Seseorang yang pada awalnya tidak tahu apapun menjadi tahu tentang banyak hal karena pendidikan. Seseorang yang awalnya sama sekali tidak memahami apapun menjadi paham tentang berbagai hal. Artinya secara tidak langsung, pendidikan mampu mengeluarkan kita semua dari kebodohan. Begitu pentingnya arti pendidikan, pendidikan sampai diartikan sebagai cahaya yang telah menyinari malam yang gelap.

 
  • Terhindar dari eksploitasi dan penipuan

Banyak para penjahat yang menjadikan orang-orang dengan pendidikan rendah atau orang-orang bodoh untuk dijadikan target penipuan. Mengapa begitu? Karena penjahat tersebut berpendapat bahwa orang yang kurang pendidikannya pasti akan lebih mudah untuk di eksploitasi dan ditipu. Orang-orang tersebut akan mudah menyerah dan tidak melakukan perlawanan sehingga sangat mudah untuk ditundukkan. Pendidikan akan membuat seseorang mampu berpikir dengan lebih baik dengan logika yang benar atau dengan penalaran yang lebih baik dan membuat seseorang tersebut mengetahui kepribadian yang lebih banyak sehingga ini yang membuat mereka terhindar karena niat jahat orang lain.

 
  • Bekal untuk mendidik generasi yang lebih cerdas

Setiap orang pasti akan menjadi orang tua untuk anak mereka. Saat seseorang tidak mempunyai pengetahuan, maka bagaimana cara mereka untuk membimbing, merawat, dan menjaga anak mereka menjadi lebih baik. Modal orang tua yang paling utama adalah pendidikan sehingga orang tua bisa bertanggung jawab untuk masa depan. Orang tua dengan pendidikan yang baik mampu mengajarkan nilai pendidikan tersebut kepada anak mereka sehingga anak-anak mereka juga menjadi seseorang yang sopan, cerdas, dan mempunyai etika terhadap orang lain.

 
  • Menjadi modal untuk berkarya dan bersaing

Salah satu alasan penting untuk mendapatkan pendidikan adalah sebagai modal untuk bekerja, berkarya, dan bersaing dengan individu lain. Banyak orang yang menjadikan pendidikan untuk memperoleh pekerjaan. Meskipun pendidikan tidak dapat menjamin seseorang akan memperoleh pekerjaan yang lebih baik, namun pendidikan tetap berpengaruh untuk mendapatkan berbagai peluang dan kesempatan dalam bekerja.

 

Cari Guru Les secara Online Mampu Gantikan Lembaga Formal

 

Pendidikan tidak hanya diperoleh di lembaga formal, jadi Anda tidak perlu putus asa apabila Anda kekurangan biaya atau keadaan tubuh Anda tidak memungkinkan untuk mendapatkan pendidikan di lembaga formal. Belajar dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Apalagi di zaman sekarang yang sudah muncul teknologi internet. Hal apapun dapat dilakukan dengan internet mulai dari berbelanja, mendapatkan hiburan seperti menonton video, film, mendengarkan musik, membaca buku, chatting, bermain game, berinteraksi di media sosial, dan tentu saja pendidikan.

 

Dulu, pendidikan masih dilakukan dengan cara biasa seseorang harus datang ke sekolah untuk belajar, namun saat ini sangat berbeda, orang yang tidak mampu membayar biaya sekolah pun juga bisa tetap belajar bidang yang diinginkan seperti yang diajarkan di sekolah formal. Salah satu bidang yang bisa dipelajari secara online adalah bahasa asing. Banyak orang yang tidak cari guru les di lembaga resmi, namun mereka bisa menguasai bahasa asing tersebut bahkan jika orang tersebut lebih tekun dan rajin, maka kemampuan mereka bisa melebihi orang yang sedang mengambil kursus di lembaga yang sudah terkenal.

 

Di Indonesia, ijazah yang hanya bisa didapatkan dari lembaga formal memang masih sangat dibutuhkan untuk mencari pekerjaan. Namun, bagi yang tidak mempunyai banyak biaya les secara online adalah hal yang sangat membantu. Orang tersebut mungkin tidak bisa bekerja di pemerintahan atau lembaga lain yang memerlukan ijazah, namun jika orang tersebut mempunyai kemauan yang sangat kuat untuk terus mempelajari bidang yang diinginkan dan kemampuan mereka sudah setara dengan profesional yang mengambil kursus di lembaga formal, maka pekerjaan akan datang sendiri untuk mencari mereka.

 

Ada banyak orang yang sudah membuktikan hal ini, banyak pengusaha terkenal dan sukses yang ternyata tidak lulus sekolah menengah atas, namun tetap bisa menjadi seseorang yang sukses secara finansial dan bahkan mereka mempekerjakan seseorang dengan pendidikan yang lebih tinggi. Anda juga bisa menjadi sosok tersebut jika mempunyai tekad yang benar-benar kuat. Jika memang Anda menyukai bahasa asing, maka Anda bisa menekuni bidang tersebut dengan cara belajar di https://preply.com/id/ yang memanfaatkan Skype untuk mengajar Anda bahasa yang diinginkan melalui tutor dari berbagai negara yang sudah sangat ahli dan mempunyai sertifikat resmi untuk mengajar bahasa.

 

Bahasa asing tidak hanya dipelajari secara tulisan, namun Anda harus bisa menjadi seseorang yang menguasai bahasa asing tersebut secara aktif. Intinya, Anda harus bisa melakukan komunikasi dalam bahasa asing dengan lancar karena kebanyakan orang hanya dapat menguasai bahasa asing secara pasif, namun Anda harus dapat menguasai kedua bahasa tersebut agar Anda bisa lebih unggul dari orang lain. Jika terus ditekuni, maka les secara online ini mampu menggantikan kebutuhan Anda untuk kursus di tempat mahal di lembaga bahasa asing yang sudah resmi sehingga Anda tetap dapat belajar meskipun mempunyai keterbatasan biaya.